Resolusi

1. Apa yang dimaksud dengan Resolusi ?

Dalam dunia percetakan dan fotografi digital sering disebut-sebut istilah Resolusi. Resolusi adalah ukuran tingkat kepadatan pixel dalam satuan tertentu dalam gambar bitmap. Misalnya, gambar bitmap 1 centimeter terdapat 75 pixel ( atau titik atau dot ),maka gambar bitmap tersebut bias disebut 75 pixel/centimeter atau 75 dots/cm. Namun untuk dunia percetakan lebih popular satuan resolusi dengan DPI artinya Dots per Inch. Bila disebut 150 DPI, artinya dalam 1 Inch terdapat 150 pixel. Semakin tinggi resolusinya maka semakin tajam pula gambarnya saat dicetak. Resolusi yang bisa dipakai adalah antara 150 sampai 300 DPI. 


2. Lebih baik semua image dibuat dengan resolusi 300 DPI
Idealnya begitu, namun jika kita banyak gambar dengan resolusi tinggi ( 300 DPI ) akan memberatkan komputer anda, otomatis proses kerja kita di Corel Draw atau Adobe Photoshop semakin lambat, karena memory RAM yang dibutuhkan akan sangat besar dan Processor yang digunakan harus lebih cepat. Bisa – bisa anda harus upgrade komputer jika tetap mengejar kualitas tinggi tersebut. 


3. Bagaimana bisa mengetahui nilai DPI dalam gambar bitmap yang akan dicetak
Untuk mencetak/print lebih mudah menggunakan software Corel Draw dibandingkan dengan Adobe Photoshop. Di Corel Draw anda dapat mengetahui nilai DPI dalam gambar bitmap yang ada. 


4. Resolusi gambar gedung tersebut 307 DPI x 307 DPI, apakah bisa diubah ke 300 DPI atau resolusi lain?
Bisa saja. Caranya mudah, perbesar gambar gedung tersebut lihat lagi nilai resolusinya.


5. Bagaimana jika gambar gedung tersebut diperbesar apakah akan pecah
Gambar gedung masih dapat diperbesar dan terlihat tidak pecah jika resolusinya berkisar antara 150-300 DPI. Jika diperbesar sampai resolusinya lebih kecil dari 150 DPI sebaiknya jangan diperbesar lagi.

6. Gambar Bitmap yang lain resolusinya 506 DPI, apakah tidak berlebihan
Ya gambar tersebut melebihi dari resolusi 300 DPI. Gambar tersebut akan memberatkan komputer anda. Memang gambar tersebut aslinya diambil dengan camera digital belum di edit di Adobe Photoshop. Sebaiknya gambar sekecil tersebut menggunakan resolusi 150 – 300 DPI

7. Gambar dengan resolusi rendah ( 75 – 150 DPI ) masih bisa di pakai
Tergantung dari gambarnya. Untuk gambar yang memerlukan detail seperti gambar rambut, teks kecil, wajah, keyboard, rumput, rangkaian elektronik, dll lebih baik menggunakan resolusi 150 – 300 DPI. Tapi untuk menggunakan gambar yang tidak banyak detail seperti awan, asap, air, gradasi, objek blur, gambar tersebut bisa di import di Corel Draw lalu diperbesar sampai 45 DPI. Lebih aman lagi jika gambar setelah diperbesar lalu di beri efek blur, sehingga tidak terlihar pecah.

8. Jika gambar wallpaper 800 x 600 pixel sampai berapa cm ukuran gambar tersebut dapat terlihat tajam saat dicetak/print?
Coba saja di CorelDraw, import file gambar ukuran 800 x 600 pixel, lalu perhatikan resolusi sampai 150 DPI, lalu ukuran gambar dalam cm di properti bar.

9. Jadi apakah bisa gambar yang asalnya resolusinya rendah ( seperti gambar website ) menjadi gambar resolusi tinggi yang berkualitas tinggi.
Gambar resolusi tinggi bisa saja dibuat menjadi resolusi tinggi dengan menggunakan Adobe Photoshop. Tapi hasil yang di dapat tidak akan tajam, kecendrungan pecah atau blur

10. Jadi Bagaimana sebaiknya image yang kita persiapkan
Tergantung media yang akan dipakai. Gambar resolusi rendah jika diperbesar akan pecah, gambar resolusi tinggi jika diperkecil tidak akan pecah. Oleh karena itu sebaiknya kita siapkan file dengan resolusi tinggi missal ukuran 2000 x 1000 pixel. Dengan memiliki pixel tinggi kita masih dapat membuat spanduk, poster atau backdrop panggung tanpa terlalu kehilangan ketajaman gambar. 
 
 
sumber www.azwork.blogspot.com

Categories:

Leave a Reply